Bubur Sumsum Matahari

Sabtu, 16 April 2011

Bubur Sumsum Matahari

Beberapa waktu yang lalu di daerah tempat tinggal saya ada penjual bubur sumsum keliling. Sama seperti yang pernah saya lihat di stasiun kota, pakai motor dan dikemas dengan cup plastik. Nah gak sengaja di saat yang bersamaan saya melihat tukang durian, langsung keidean deh bikin bubur sumsum saus durian.

Sebenernya saya belum pernah bikin bubur sumsumnya, saya beli jadi saja ke si abang jual bubur. Yang kubikin sausnya aja. Tapi anda jangan khawatir, saya sertakan juga resep bubur sumsumnya hasil tanya ke si abang...  simak deh:

Bahan bubur sumsum:
200 gram tepung beras
1 sendok teh garam
1300 ml santan dari 1 butir kelapa
6 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul

Bahan Saus Durian:
250 gr daging buah durian
500 ml santan
150 gr gula merah
5 sdm gula pasir
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
1/2 sdt garam
250 ml air

CARA MEMBUAT
Bubur sumsum:
1. Campur tepung, garam dan sebagian santan.
2. Dengan api sedang dan diaduk-aduk
3. Didihkan sisa santan dengan daun pandan.
4. Tuangkan cairan tepung (no. 1 ke no. 2), aduk sampai kental dan matang.


Saus Durian:
1. Larutkan gula merah, gula pasir, garam dalam 250 ml air dengan cara direbus hingga mendidih.
2. Saring larutan gula kemudian rebus kembali dan tambahkan santan. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
3. Larutan gula tetap diaduk lalu masukkan daging durian dan maizena, aduk hingga rata dan matang

Penyajian:
Siapkan mangkuk/gelas saji. Beri Bubur Sumsum secukupnya, tuangi atasnya dengan saus durian sesuai selera. Sajikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Yo pada komen yo...